SOSIALISASI PENJARINGAN DAN PENYARINGAN PERANGKAT DESA GEMUH

  • Desa Gemuh
  • Jul 14, 2023

GEMUH (12/07/2023) - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di tingkat desa,  Desa Gemuh melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang penjaringan dan penyaringan perangkat Desa Gemuh di Balai Desa Gemuh pada  Rabu, 12 Juli 2023 pukul 14.00 WIB. Pasalnya terjadi kekosongan Struktural Organisasi dan Tatakerja (SOT) pada Pemerintah Desa Gemuh bagian Kasi Kesra yang sebelumnya dijabat oleh Ibu Siti Rohayati. Kekosongan jabatan ini disebabkan oleh tutupnya usia dari Ibu Siti Rohayati. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh lembaga-lembaga desa, aparat desa, BPD, Ketua RT dan RW, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkuat sistem rekrutmen perangkat desa yang profesional, kompeten, dan berintegritas guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini, perangkat desa memberikan sosialisasi mengenai penjaringan dan penyaringan perangkat desa kepada masyarakat untuk mengisi kekosongan dalam Perangkat Desa Gemuh, yang dilakukan dengan jujur, adil, tranparan dan mengikuti peraturan yang ada serta menyepakati kepanitiaan yang diambil dari beberapa unsur dari tokoh masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan perwakilan aparat desa. Hal ini bertujuan untuk menghindari praktik nepotisme, korupsi, dan penyalahgunaan wewenang yang dapat merugikan masyarakat. Berikut hasil dari panitia penjaringan dan penyaringan perangkat Desa Gemuh:

1. Ketua Panitia          : Junaedi

2. Sekretaris                : M. Saifurrohman

3. Penelitian Berkas    : Fredi Hardianto

4. Anggota                  : 1. Suwarno

                                      2. Yunaeni

                                      3. Sujari

                                      4. Danoto

Tak hanya itu, dalam kegiatan sosialisasi ini diberikan terkait berbagai peraturan perundangan-undangan yang berhubungan dengan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa serta proses pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa. Sosialisasi dan pembentukan panitia ini juga menekankan pada pentingnya keterlibatan masyarakat dalam proses penjaringan dan penyaringan perangkat desa. Masyarakat diharapkan dapat memberikan masukan dan melaporkan jika terdapat praktik tidak transparan atau indikasi pelanggaran yang dilakukan dalam proses rekrutmen tersebut.

Dengan melaksanakan sosialisasi ini, diharapkan terjadi perubahan positif dalam pengelolaan perangkat desa di Desa Gemuh. Pelayanan publik yang lebih baik dan profesional di tingkat desa akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat kepercayaan publik terhadap pemerintah desa.

Pemerintah desa akan terus mengawasi pelaksanaan penjaringan dan penyaringan perangkat desa guna memastikan proses tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik. Harapannya, melalui upaya ini, Desa Gemuh akan menjadi entitas yang lebih maju, berdaya saing, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

 

Penulis : Hania Sarah Azzahra