MUDAHNYA MEMBAYAR PAJAK : EDUKASI PEMABAYARAN PAJAK BUMI BANGUNAN MELALUI INDOMARET

  • Desa Gemuh
  • Aug 12, 2023

 

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya. 

Membayar pajak tepat waktu adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh warga negara. Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP, Grace Evangelica dari Sekolah Vokasi Program Studi Akuntansi Perpajakan memberikan edukasi tentang PBB dan cara membayar PBB dengan mudah melalui Indomaret. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2023 di rumah Ibu Kades Desa Gemuh. Program kerja ini dilakukan setelah kegiatan senam.

Edukasi ini diberikan karena mempertimbangkan kebiasaan yang ada di setiap dukuh Desa Gemuh yang melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan secara kolektif yang diserahkan kepada ibu bau atau ibu kadus(Kepala Dusun) masing-masing dukuh. Berdasarkan hal tersebut Grace memiliki ide untuk memberikan edukasi dengan cara yang lebih cepat dan mudah untuk membayar PBB, yaitu dengan melakukan pembayaran melalui Indomaret.

Pemberian edukasi ini bertujuan agar kebiasaan baik warga yang rutin membayar pajak secara kolektif kepada ibu bau atau ibu kadus masing-masing dukuh dapat dipertahankan dan dilakukan secara mandiri, melalui tempat-tempat yang sudah menyediakan fasilitas tersebut, salah satunya adalah Indomaret. 

Program kerja cara mudah pembayaran PBB di Indomaret tidak hanya memberikan edukasi terkait cara membayar PBB, tetapi juga tentang Pajak Bumi dan Bangunan itu sendiri. Selama pelaksanaan program kerja ini, respon dari ibu-ibu terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dan merasa sangat senang karena pembayaran PBB dapat dilakukan secara mandiri. 

Pelaksanaan program kerja ini dimulai dengan perkenalan dan penjelasan singkat mengenai apa itu PBB, kapan harus membayar PBB, dan edukasi bagaimana melakukan pembayaran PBB di Indomaret. Kegiatan ini diakhiri dengan mengobrol bersama ibu-ibu, mendengarkan pendapat mereka terhadap edukasi yang diberikan

“Kami dari tim KKN II UNDIP berharap kegiatan ini dapat selalu memberikan dampak positif dan menambah wawasan serta ilmu para warga desa Gemuh mengenai PBB. Dengan adanya cara mudah membayar PBB, diharapkan kebiasaan baik dan ketaatan warga dalam membayar pajak dapat terus dipertahankan,” tutur Grace Evangelica.