MAHASISWA KKN UNDIP MEMBERIKAN SOSIALISASI TERHADAP PARA LANSIA MENGENAI PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN DIRI AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT YANG DISEBABKAN VIRUS

  • Desa Gemuh
  • Aug 14, 2023

Menjaga keberihan diri merupakan sebuah cara untuk menjaga diri kita agar terhindar dari bakteri-bakteri yang melekat pada tubuh kita, setelah kita beraktivitas seharian. Hal ini mungkin terlihat sederhana, namun dampaknya sangatlah besar bagi hidup kita. Terlalu banyak kasus penyakit yang disebabkan oleh kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan tubuhnya sendiri, maka dari itu saya membahas topik tentang menjaga kebersihan seperti ini agar penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran terhadap kebersihan dapat berkurang.Memberikan sosialisasi terhadap para lansia untuk menjaga kebersihan diri ini adalah sebuah cara untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi di Desa Gemuh. Saya mendapatkan informasi bahwa lansia di daerah ini masih sangat kurang kepeduliannya tentang kebersihan diri. Sebagai contoh nyata, saat mereka baru selesai kembali dari sawah  mereka langsung beraktivitas tanpa membersihkan tangan mereka yang telah digunakan dengan benar. Seperti yang kita tau tangan yang kotor bisa menjadi penyebab penyebaran penyakit oleh bakteriyang melekat di tangan yang kotor. Mungkin topik ini terlihat sederhana, tetapi dampaknya besar dan banyak daripada lansia yang belum tau pentingnya mencuci tangan dengan benar terlebih lagi caranya bagaimana.

Kegiatan Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kebersihan diadakan 13 juli 2023 dan dihadiri oleh orang tua di desa gemuh yang memiliki aktivitas di sawah dengan Pemaparan materi dan pemberian leaflet. Pemaparan tersebut berisikan mengenai tata cara menjaga kebersihan dari yang paling sederhana sampai membersihkan diri seluruhnya . sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara berjalan dengan lancar,para orang tua yang hadir mengikuti sosialisasi dengan antusias. Desa gemuh berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kesadaran para peserta terkait menjaga kebersihan dan dampaknaya untuk kesehatan mereka.

 

Penulis: Sulthan Hakim