Memberdayakan Masa Depan Melalui Pojok Baca PAUD: Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan yang Menginspirasi

  • Desa Gemuh
  • Aug 08, 2023
BERITA

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (Undip) dari jurusan Ilmu Perpustakaan bernama Nur Jannah mengadakan kegiatan pemberian materi sekaligus pelatihan mengenai pengelolaan Pojok Baca pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini kepada guru PAUD dan Taman Kanak-kanak yang ada di Desa Gemuh, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang

Kegitan ini dilakukan di Kelompok Belajar (KB) Cahaya Bunda dukuh Ampelgading, Desa Gemuh hari Selasa pukul 13.30-15.30 WIB dan dihadiri perwakilan dari 3 PAUD dan 1 TK.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merasa senang dan termotivasi untuk memperbaiki sistem pengelolaan perpustakaan dan pojok baca mereka. 

Antusiasme peserta tergambarkan dari kesungguhan peserta memperhatikan materi dan keaktifan dalam sesi wawancara

Adapun kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Desa Gemuh, khususnya pengelolaan pojok dan juga perpustakaan yang belum optimal.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan permasalahan tidak optimalnya pengelolaan perpustakaan dan pojok baca di desa Gemuh ini adalah sumber daya manusia nya. Biasanya pertugas perpustakaan dan pojok baca hanya semangat untuk melaksanakan pengelolaan pada awal-awal saja tapi setelah itu tidak dilaksanakan lagi.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pentingnya pengelolaan perpustakaan dan pojok baca agara dapat bermanfaat secara optimal serta dapat meningkatkan minat baca masyarakat Desa Gemuh khususnya pada anak-anak.

 

 

 

 

Oleh : Nur Jannah, Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro