Mahasiswa KKN Undip Mengolah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Bernilai Jual Tinggi

  • Desa Gemuh
  • Feb 11, 2023
BERITA

Minyak goreng merupakan bahan yang sering digunakan untuk memasak ibu-ibu di seluruh Indonesia, salah satunya di Desa Gemuh, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang. Bahkan setiap memasak tidak pernah terlepas dari minyak goreng. Tak jarang jika minyak goreng sering digunakan secara berulang-ulang oleh masyarakat Desa Gemuh untuk menghemat pengeluaran. Hal ini dapat membahayakan kesehatan karena minyak goreng yang digunakan berulang-ulang mengandung asam lemak bebas yang tinggi. Konsumsi asam lemak bebas yang tinggi beresiko menimbulkan bahaya kesehatan seperti stoke dan jantung koroner.

Selain itu, masyarakat Desa Gemuh juga biasanya membuang minyak jelantah ke saluran air sehingga menimbulkan pencemaran air dan bahaya kesehatan lainnya. Hal ini mendorong salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 untuk memanfaatkan limbah minyak jelantah tersebut agar menjadi sesuatu yang bermanfaat, salah satunya adalah lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi adalah lilin yang mengandung bahan pewangi dan dapat digunakan sebagai refreshing, relaxing, serta penyembuhan sakit kepala. Selain itu, lilin aromaterapi memiliki peluang yang bagus di pasaran karena bisa digunakan sebagai hiasan, pengharum ruangan, dan souvenir pernikahan.

Kegiatan pelatihan pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah dilaksanakan bersamaan dengan acara rapat koordinasi pertemuan PKK Desa Gemuh pada hari Kamis, 19 Januari 2022 pukul 09.00 – 11.00 WIB. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 peserta dari kader PKK setiap dukuh di Desa Gemuh. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada ibu-ibu PKK Desa Gemuh agar lebih memahami cara pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Pada awal kegiatan, para peserta kegiatan mendapatkan brosur tentang pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah dan informasi mengeni pentingnya pemanfaatan limbah minyak jelantah. Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan demonstrasi pembuatan lilin aromaterapi. Para peserta pun sangat antusias memperhatikan bagaimana cara pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Bahkan ada peserta yang ikut mempraktekkan cara membuat lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Kegiatan selanjutnya adanya sesi tanya jawab dengan peserta pelatihan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi limbah minyak jelantah dan mencegah pencemaran lingkungan. Selain itu, lilin aromaterapi dari minyak jelantah juga memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan sehingga dapat menjadi ide berwirausaha bagi warga Desa Gemuh untuk kedepannya.