Keren!!! Mahasiswa KKN UNDIP Mengolah Daun Sirih Menjadi Hand Sanitizer

  • Desa Gemuh
  • Feb 10, 2023
BERITA

Mahasiswa KKN UNDIP mengadakan edukasi mengenai pembuatan hand sanitizer dari daun sirih pada siswa Madrasah Ibtidaiyah di Desa Gemuh, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang pada Selasa (07/02/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta demonstrasi pembuatan hand sanitizer dan pembagian hand sanitizer dari daun sirih kepada siswa MI Desa Gemuh.

Pada era transisi pandemi ini, hand sanitizer masih sangat dibutuhkan untuk mencegah penyebaran covid-19 agar meminimalisir adanya kluster covid-19 baru. Pada kesempatan kali ini juga dijelaskan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) seperti edukasi tentang penggunaan air bersih, pemberantasan jentik nyamuk, dan cuci tangan dengan sabun. Tanaman daun sirih dipilih sebagai bahan pembuatan hand sanitizer karena daun sirih memiliki kandungan senyawa fenolik yang bermanfaat sebagai anti bakteri sehingga ampuh untuk membunuh bakteri dan kuman.

Para siswa MI Desa Gemuh sangat antusias dengan adanya penyuluhan ini, beberapa siswa juga ikut membantu dalam demonstrasi pembuatan hand sanitizer dari daun sirih. Cara pembuatan Hand Sanitizer dari daun sirih ini cukup mudah. Daun sirih diambil secukupnya dan dipisahkan dengan tangkainya, kemudian dicuci bersih dengan air yang mengalir lalu dirajang dan direbus selama 30 menit. Ekstrak daun sirih lalu disaring dan dimasukkan ke dalam wadah yang bersih. Kemudian air ekstrak daun sirih dicampurkan dengan air dan etanol dengan komposisi ekstrak daun sirih : air : etanol = 15% : 15% : 70%.

Kepala Sekolah MI Desa Gemuh juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran siswa MI Desa Gemuh akan pentingnya hidup sehat di era pandemi seperti ini. Salah satunya dengan rajin memakai hand sanitizer.