Hadirkan, Mahasiswa Undip, Bengkel Las di Desa Gemuh Menyadari Pentingnya K3 dalam Pengelasan

  • Desa Gemuh
  • Feb 10, 2023
BERITA

Desa Gemuh,Kecamatan Pecalungan,Kabupaten Batang (25/01/2023)

Bengkel las adalah tempat usaha yang bergerak dibidang pengelasan atau jasa pengelasan berbagai jenis logam dengan berbagai cara, baik itu manual menggunakan las listrik, las karbit, las argon, las bubut, las assetelis, dan las yang menggunakan bantuan mesin pengelasan robotic atau leser.

Bengkel las milik Pak Yudi sudah berdiri selama 3 tahun berada di Desa Gemuh,Kecamatan Pecalungan,Kabupaten Batang,Provinsi Jawa Tengah. Bengkel las tersebut menerima pemesanan pembuatan teralis, gerbang, pagar, dll.

Sejak awal berdirinya bengkel ini sampai sekarang hanya menggunakan pengelasan SMAW atau Las Busur Listrik proses pengelasan yang menggunakan panas untuk mencairkan material dasar atau logam induk dan elektroda (bahan pengisi), dalam pelaksanaanya masih banyak pekerja yang masih mengabaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sehingga masih memungkinkan untuk terjadi kecelakaan kerja ketika melakukan pekerjaan tersebut.

Salah satu Mahasiswa Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Program Studi DIV Rekayasa Perancangan Mekanik, Marghoz Hoky Wanang melakukan kegiatan sosialisasi kepada pemilik bengkel las yang ada di Desa Gemuh dengan memberikan program yang berjudul "Sosialisasi tentang pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam pengelasan.".

Kegiatan ini terdiri dari penyerahan leaflet berisi pentingnya K3 dalam pengelasan dan memberikan APD kepada pemilik bengkel las. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2023. Kehadiran dari Mahasiswa KKN Tim I Undip disambut baik oleh pemilik bengkel las. Bahkan Pak Yudi banyak menceritakan mengenai bengkel las nya.

Dengan diberikannya sosialisai ini diharapkan dapat menambah wawasan serta kesadaran pemilik dan pekerja mengenai pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sehingga dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan kerja.