DUKUNG PELAKSANAAN PAMSIMAS, MAHASISWA KKN UNDIP BUAT PETA JARINGAN PIPA AIR BERSIH

  • Desa Gemuh
  • Aug 10, 2023

(Gemuh – 9/8/2023) - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) merupakan program unggulan nasional yang ditujukan untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak. Program ini meliputi banyak hal, salah satunya adalah pemasangan jaringan pipa air di desa-desa untuk memudahkan akses air bersih. Desa Gemuh merupakan salah satu desa yang telah memiliki jaringan pipa air bersih, akan tetapi jaringan pipa tersebut baru berhasil dipasang di Dukuh Dampyak. Dukuh Ampelgading, Dukuh Endrokilo, Dukuh Gemuh, dan Dukuh Tempel di Desa Gemuh belum memiliki jaringan pipa air bersih yang terpasang.

 

Sebagai langkah memenuhi kebutuhan air bersih, pada tahun 2023 ini, Desa Gemuh mengupayakan terpasangnya pipa jaringan air bersih di Dukuh Ampelgading. Tahapan awal dari pemasangan jaringan pipa tersebut adalah penentuan ukuran panjang tiap gang untuk memastikan pipa yang dipasang dapat menjangkau rumah-rumah warga. Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2022/2023 di Desa Gemuh mengajukan program pemetaan jaringan air bersih yang telah ada di Dukuh Dampyak serta pemetaan rencana jaringan pipa air bersih untuk Dukuh Ampelgading. Hasil pemetaan tersebut ditujukan untuk memudahkan pengembangan jaringan pipa air bersih yang telah ada sekaligus memperkirakan ukuran panjang pipa air bersih yang harus dipasang di Dukuh Ampelgading.

 

Program kerja pemetaan tersebut didukung oleh perangkat Desa Gemuh karena dinilai memiliki urgensi yang besar sekaligus manfaat yang berkelanjutan. Pembuatan peta diawali dengan kegiatan tracking jaringan pipa air bersih yang ada di Dukuh Dampyak, dilanjutkan dengan tracking gang-gang yang terdapat di Dukuh Ampelgading. Tracking dilakukan menggunakan bantuan aplikasi Avenza Maps. Data yang telah didapatkan digabungkan dengan data citra dari Google Earth Pro dan data citra dari Portal Geospasial Indonesia. Khusus untuk Dukuh Ampelgading, tiap gang diberi nomor dan keterangan panjang gang dalam bentuk lampiran tabel.

Peta Jaringan Air Bersih Dukuh Dampyak dan Peta Perencanaan Jaringan Air Bersih Dukuh Ampelgading yang berhasil dibuat kemudian diserahkan kepada perangkat desa yang bertanggung jawab atas PAMSIMAS. Penyerahan dilakukan pada tanggal 26 Juli 2023 silam di Kantor Balai Desa Gemuh. Junaedi, Ketua Dukuh Dampyak sekaligus ketua PAMSIMAS mengatakan bahwa pemasangan jaringan pipa air bersih di Dukuh Ampelgading akan segera dilakukan setelah material siap.

 

Pembuatan Peta Jaringan Air Bersih untuk Dukuh Dampyak dan Ampelgading ini diharapkan mampu membantu kelangsungan PAMSIMAS dan pemasangan pipa jaringan air bersih di Desa Gemuh. Adanya pemetaan jaringan air bersih ini juga dinilai akan memudahkan pengembangan jaringan air bersih di masa depan karena pipa-pipa air bersih yang telah terpasang dapat tergambar dengan jelas melalui peta tersebut.

 

Penulis: Devi Oktavia Anjani