CERDAS!!! Mahasiswa KKN UNDIP Mengolah Daun Sirih Menjadi Insektisida Nabati Untuk Mengatasi Masalah Lalat di Desa Gemuh

  • Desa Gemuh
  • Feb 10, 2023
BERITA

Sekelompok Mahasiswa dan Mahasiswi KKN UNDIP mengadakan edukasi mengenai pembuatan insektisida sederhana dari daun sirih pada kader kesehatan dan ibu-ibu PKK di Desa Gemuh, Kabupaten Batang pada Kamis (19/01/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi masalah banyaknya lalat di desa Gemuh, dikarenakan banyaknya lalat yang tentunya mengganggu juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Diketahui dari beberapa perangkat desa, banyaknya lalat di desa Gemuh merupakan akibat dari pendirian kendang ayam yang terlalu dekat dengan pemukiman. Oleh karena itu, diadakan edukasi mengenai cara pembuatan insektisida sederhana dari daun sirih sebagai upaya untuk mengusir lalat di desa Gemuh.

Ibu-ibu PKK dan beberapa kader kesehatan di Desa Gemuh sangat antusias dengan adanya acara ini. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN UNDIP menyampaikan materi mengenai manfaat daun sirih yang sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan ampuh untuk mengusir serangga-serangga seperti lalat dikarenakan memiliki kandungan minyak atsiri yang tidak disukai oleh serangga tersebut, tahap pembuatan insektisida sederhana dari daun sirih, dan juga cara penggunaan insektisida yang baik dan benar. Tanggapan dari para hadirin pun cukup positif. Salah satunya yaitu, terdapat beberapa Ibu PKK dan kader kesehatan yang antusias untuk ikut andil dalam pembuatan insektisida sederhana dari daun sirih. 

Para hadirin pun berharap agar kegiatan edukasi cara pembuatan insektisida sederhana dari daun sirih dapat menjadi solusi dalam mengatasi banyaknya lalat yang sangat mengganggu hingga dapat menjadi sumber penyakit di Desa Gemuh, Kabupaten Batang.